Minggu, 29 Juli 2012

8 Hal Pemicu Rambut Rontok


8 Hal Pemicu Rambut Rontok

Bagi seorang perempuan rambut adalah mahkotanya oleh sebab itu banyak perempuan berusaha agar rambut mereka tetap indah dan terjaga. Tetapi bukan berarti semua perempuan terus-menerus berupaya agar rambutnya terjaga bahkan ada banyak perempuan yang mengalami kerusakan rambut salah satunya adalah kerontokan rambut, di bawah ini adalah beberapa hal pemicu terjadinya kerontokan rambut:
1.     Mencuci  rambut setiap hari. Keramas setiap hari dapat menyebabkan kelenjar sabun  ( minyak yang menjaga kelembaban rambut ) bekerja lebih keras untuk memproduksi minyak klebih banyak. Kadar minyak yang berlebihan pada rambut dapat menyebabkan rambut kusam, berminyak, atau kering. Sebakinya dilakukan sekali dalam 2 hari.
2.     Menggunakan kondisioner berlebihan. Kondisioner digunakan  untuk mencegah rambut agar tidak kering. Tapi, dalam penggunaan kondisioner yang berlebihan dapat membuat rambut rontok. Karena, di dalam kondisioner terdapat protein yang membentuk rantai yang membuat rambut rapuh yang akan mudah rontok.
3.     Menyisir rambut yang basah. Rambut yang basah adalah rambut yuang paling rapuh. Rambut yang basah akan menegembang ketika disisir yang membuat rambut rontok. Gunakan sisir yang giginya jarang ketika rambut  basah atau tunggu rambut kering untuk menggunakan sisir yang giginya rapat.
4.     Mengikat rambut yang basah. Rambut yang basah lalu diikat akan memicu tumbuhnya jamur dan menimbulkan rasa gatal pada rambut. Apabila dibiarkan akan menimbulkan infeksi pada kulit rambut.
5.     Menggunakan hair dryer dan catok tanpa menggunakan vitamin rambut. Tidak menggunakan vitamin rambut atau pelembab ketika mencatok  atau menggunakan hair dryer akan membuat rambut ,menjadi kering, kusam, dan mudah rontok karena panas.
6.     Mewarnai rambut. Penggunaan pewarna rambut yang berbahan petroleum dapat merusak folikel rambut, apabila pewarna rambut digunakan secara terus-menerus dan berlangsung  lama dapat menyebabkan rambut kering dan berhenti tumbuh.
7.     Meroko. Selain menyebabkan kanker dan jantung, ,merokok juga dapat mneyebabkan rambut rontok. Hal ini disebabkan rokok dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah akibatnya suplai darah ke folikel rambut berkurang.
8.     Banyak pikiran. Keadaan stress pada pria akan menyebabkan produksi hormon yang meningkat. Hormon testosterone dan dihidrotestosteron  ( DHT) akan meresap ke batang rambut yang menyebabkan penipisan pada rambut yang kemudian rambut tidak sehat dan menyebabkan kerontokan bahkan rambut berhenti tumbuh.
Oleh sebab itu hindarilah kegiatan-kegiatan seperti itu agar anda terhindar dari masalah kerontokan rambut.

Sumber : Warta Kota, Rabu 11 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar