Jumat, 20 Maret 2015

Tugas Akuntansi Internasional - Bab 1



Bab 1.
Akuntansi Internasional dipandang dari sudut:
1.      Sudut Sejarah
Sejarah akuntansi merupakan sejarah internasional. Kronologi berikut ini menunjukan bahwa akuntansi telah meraih keberhasilan besar dalam kemampuannya untuk diterapkan dari suatu kondisin nasional ke kondisi lainnya sementara di pihak lian memungkinkan timbulnya pengembangan terus – menerus dalam bidang teori dan praktek di seluruh dunia. Seiring dengan kekuatan ekonomi Amerika Serikat yang tumbuh selama peruh pertama abad ke 20 kerumitan masalah – masalah akuntansi muncul secara bersamaan pula. Sekolah – sekolah bisnis membantu perkembangan tersebut dengan meneruskan bidang – bidang masalah dan pada akhirnya mengakuinya sebagai suatu disiplin ilmu akademik sendiri pada berbagai sekolah tinggi dan universitas. Setelah perang dunia 2, pengaruh akuntansi semakin terasa dengan sendirinya pada dunia barat, khususnya Jerman dan Jepang. Pada tingkatan yang agak kurang, faktor yang sama juga dapat dilihat secara langsung di negara – negara seperti Brasil, Israel, Meksiko, Philiphina, Swedia, dan Taiwan. Berkebalikan dengan sifat warisan akuntansi yang internasional tersebut adalah bahwa di banyak negara, akuntansi tetap merupakan masalah nasional, dengan standar dan praktik nasional yang melekat sangat erat dengan hukum nasional dan aturan profesional,dengan standar dan praktik nasional yang atas ketentuan yang sejenis dengan negara lain. Namun demikian, akuntansi melayani manusia dan organisasi yang lingkup keputusannya semkain internasional. Mengatasi puradoks sejarah akuntansi ini telah lama menjadi perhatian baik bagi para pengguna maupun penyusunan informasi akuntansi. Dalam tahun – tahun terakhir, usaha – usaha institusi untuk mempersempit perbedaan dalam pengukuran, pengungkapan danproses auditing di seluruh dunia semakin intensif dilakukan.
a.       Double entry bookkeeping
b.      Model akuntansi Belanda diimpor ke Indonesia
c.       Perkembangan akuntansi didukung oleh adanya pendidikan
d.      Seiring perubahan jaman dan perkembangan hubungan internasional. Kronologi tersebut menunjukan bahwa akuntansi telah meraih keberhasilan besar dalam kemampuannya untuk diterapkan dari satu kondisi nasional ke kondisi lainnya sementara di pihak lain memungkinkan timbulnya pengembangan terus – menerus dalam bidangn teori dan praktek di seluruh dunia.
2.      Sudut Kontemporer
Apabila usaha – usaha mengurangi perbedaan akuntansi internasional perbedaan akuntansi internasional merupakan sesuatu yang penting di satu sisi, sekarang ini telah terdapat sejumlah faktor tambahan yang terus menambah pentingnya mempelajarai akuntansi inetrnasional. Faktor – faktor ini tumbuh dari pengurangang yang signifikan dan terus – menerus hambatan perdagangan dan pengendalian modal secra nasional yang etrjadi bersamaan dengan kemajuann dalam bidang teknologi informasi. Pengendalian nasional terhadap arus modal, valuta asing, investasi asing langsung dan transaksi terkait telah diliberalisasikan secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir, sehingga mengurangi hambatan – hambatan terhadap bisnis internasional.Kemajuan teknologi informais juga menyebabkan perubahan radikal dalam ekonomi produksi dan distribusi. Produksi yang terintegrasi secara vertikal tidak lagi menjadi bukti model operasi yang efisien. Hubungan informasi, secara global dan seketika memberi makna bahwa produksi semakin dialih kontrakkan kepada siapa saja dengan ukuran apa pun, dimana saja di dunia yang memiliki kemampuan terbaik dalam melakukan suatu pekerjaan atau stuat bagian dari pekerjaan tersebut.
a.       Adanya usaha mengurangi perbedaan akuntansi internasional
b.      Pengendalian modal
c.       Valuta asing
d.      Investasi asing langsung
e.       Liberalisasi transaksi
f.       Privatisasi perusahaan pemerintah
g.       Kemajuan dalam teknologi informasi
Pertumbuhan dan penyebaran operasi multinasional
Bisnis internasional secara tradisional terkait dengan perdagangan luar negeri. Saat ini bisnis internasional semakin berhubungan dengan investasi asing langsung, yang meliputi pendirian sistem manufaktur atau distribus di luar negeri dengan membentuk afiliasi yang dimiliki seutuhnya, usaha patungan atau aliansi strategis. Operasi yang dilaksanakan di luar negeri membuat manajer keuanagn dan akuntan menghadapi resiko berupa semua jenis masalah yang tidak mereka hadapi ketika operasi perusahaan dilaksanakan di dalam wilayah suatu negara. Manajer keuangan dan akuntan juga harus memahami pengaruh kompleksitas lingkungan pengukuran akuntansi suatu perusahaan multinasional.
Inovasi keuangan
Manajemen resiko telah menjadi istilah yang popular dalam lingkungan perusahaan dan manajemen. Ketergantungan yang ditimbulkan terhadap praktik pelaporan internasional dan kebingungan yang timbul drai perbedaan pengukuran produk resiko keuangan.
Kompetisi global
Faktor lain yang turut menyumbangkan semakin pentingnya akuntansi internasional adalah fenomena kompetisi global. Terdapat standar penentuan acuan yaitu standar perbandingan yang digunakan ini melampaui batas – batas nasional. Para pembaca laporan keuangan yang tidak menyadari perbedaan pengukuran nasional dan perhitungan penyesuaian yang diperlukan dengan jelasnya berada dalam posisi yang tidak menguntungkan.
Merger dan akuisisi lintas batas negara
Seiring dengan berlanjutnya trend global atas konsolidasi industri, berita mengenai merger dan akuisisi internasional praktis merupakan kenyataan sehari – hari. Apabila merger umumnya diringkas dengan sitilah sinergi operasi atau skala ekonomi, akuntansi memainkan peranan yang penting dalam mega konsolidasi ini karena angka – angka yang dihasilkan akuntansi bersifat mendasar dalam proes penilaian perusahaan.
Internasionalisasi pasar modal
Faktor yang mungkin banyak menyumbangkan perhatian lebih terhadap akuntansi internasional di kalangan eksekutif perusahaan, investor, regulator pasar, pembuatan standar akuntansi, dan para pendidikilmu bisnis adalah internasionalisasi ppasar modal seluruh dunia. Rata – rata ukuran dan volume perdagangan per tahun atas perusahaan yang mencatatkan sahamnya telah tumbuh secara besar, yang sebagian dilibatkanoleh merger dan akuisis yang juga berakibat pada pengahpusan pencatatan saham yang dilakukan beberapa perusahaan terkait. Toga wilayah pasar ekuitas terbesar anatra lain:
a.       Amerika Utara
Ekonomi AS dan pasar sahamnya mengalami pertumbuhan tanpa henti selam tahun 1990-an. Relative pentingnya Amerika Utara dalam pasar ekuitas global juga meningkat: kapitalisasi pasar di Amerika Utara dalam prosentase terhadap total global berada pada posisi 57,2 persen pada awal tahun 2000.
b.      Asia Pasifik
Hingga akhir – akhir, banyak ahli yang memperkirakan Asia akan menjadi wilayah pasar ekuitas kedua terpenting. Prospek pertumbuhan masa depan dalam pasar ekuitas Asia akan tampak kuat. Demikian juga, pemerintah dan bursa efek di Asia berada dibawah tekanan untuk memperbaiki kualitas dan kredibilitas pasar untuk menarik para investor.
c.       Eropa
Eropa adalah wilayah pasar ekuitas terbesar kedua di dunia dalam hal kapitalisasi pasar dan volume perdagangan. Pasar ekuitas Eropa akan terus bertumbuh. Arus ekuitas lintas batas meningkat dalam prosentase dibandingkan peningkatan aus globalisasi lintas batas, sebagian karena ekuitas merupakan investasi yang menguntungkan sejak jatuhnya pasar pada bulan Oktober 1987.



              edithmarhaeni.blogspot.com
              elyssoulluminaries.blogspot.com
           






























              











Tidak ada komentar:

Posting Komentar