Selasa, 12 November 2013

Solusi Untuk Selamatkan Ekonomi Indonesia



Paragraf induktif :
Solusi Untuk Selamatkan Ekonomi Indonesia
 Sekarang ini keadaan ekonomi Indonesia dinilai sangat rentan khususnya dari segi perekonomian sehingga pemerintah diharapkan dapat melakukan suatu perbaikan melalui beberapa aksi diantaranya seperti restrukturisasi hutang, CMI ( Chiang Mai Initiative ), menaikan suku bunga acuan atau BI rate.
Dalam pelaksanaannya restrukturisasi hutang dilakukan untuk mencegah defisit yang semakin membengkak karena adanya hutang yang jatuh tempo sedangkan peningkatan suku bunga sendiri dilakukan untuk membuat para investor tetarik untuk menukarkan dollar ke rupiah sehingga dari kenaikan suku bunga tersebut dapat mengurangi tensi yang membuat orang berpikir untuk menyimpan uangnya di bank. Dan untuk CMI sendiri dilakukan untuk dapat meningkatkan cadangan devisa yang semakin berkurang.
Berdasarkan data yang diperoleh tercatat bahwa saat-saat ini cadangan devisa negara yang tersisa adalah 92,7 milliar dolar AS.  Sehingga Indonesia diperkirakan dapat melakukan pinjaman devisa dari negara-negara ASEAN  seperti Cina, Korea, dan Jepang tetapi dari ketiga negara tersebut yang paling memungkinkan adalah pinjaman jangka pendek  dari negara Cina karena  Cina memiliki 3,3 triliun dolar AS. Dari hal-hal tersebut diharapkan dapat memperbaiki sekaligus menyelamatkan perekonomian Indonesia kedepannya.

                                      Sumber: m.republika.co.id/berita/ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar