Rabu, 29 April 2015

BAB 5 Akuntansi Internasional



Bab 5

1.      Jelaskan dengan singkat perbedaan antara patokan akuntansi dan pengungkapan akuntansi. Dari kedua proses pelaporan tersebut, menurut anda manakah yang menjanjikan kemajuan inovatif untuk 10 tahun kedepan? Mengapa?
Jawab :
-          Patokan akuntansi adalah pengukuran hanya sebatas informasi murni yang belum diolah menjadi informasi yang siap digunakan.
-          Pengungkapan akuntansi adalah standard dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber – sumber keuangan, sistem hukum, iketan politik dan ekonomi, tingkat pembangunan ekonomi, tingkat pendidikan, budaya dan pengaruh lainnya.
Menurut saya yang lebih menjanjikan kemajuan inovatif untuk 10 tahun kedepan yaitu pengungkapan akuntansi karena meskipun praktik pengungkapan sangat berbeda – beda disetiap negara tetapi sekarang perlahan mulai timbul kemiripan ( konvergensi ) dengan secara sukarela mengadopsi standar pelaporan keuangan internasional ( IFRS ) atau GAAP Amerika Serikta, mematuhi ketentuan pasar bursa efek dan badan regulator domestik dan luar negeri memberikan respon terhadap berbagai permintaan informasi yang diajukan para investor dan analis.
2.      Mengapa perusahaan multinasional bertanggungjawab atas kelompok masyarakat tertentu daripada kelompok investor tradisional?
Jawab :
Karena perusahaan multinasional pada umumnya pengungkapam akuntansinya didorong oleh perbedaan dalam tata kelola perusahaan dan keuangan. Contoh: di negara Amerika Serikat, Inggris, dan negara – negara anglo amerika lainnya, pasar ekuitas menyediakan kebanyakan pendanaan yang dibutuhkan perusahaan sehingga menjadi sangat maju. Di pasar – pasar tersebut, kepemilikkan cenderung tersebar luas diantara banyak pemegang saham dan perlindungan terhadap investor sangat ditekankan. Sedangkan dikebanyakan negara – negara lain, kepemilkkan saham masih tetap sangat terkonsentrasi dan bank secara tradisional menjadi sumber utama pembayaran perusahaan.

3.      Apa perbedaan antara pengungkapan sukarela dan pengungkapan yang diperintahkan? Berikan 2 penjelasan untuk perbedaan praktik pengungkapan yang diperintahkan oleh manajer?
Jawab :
-          Sukarela
a.       Investor di seluruh dunia menuntut informasi yang lebih detail dan lebih tepat waktu, tingkat pengungkapan sukarela semakin meningkat, baik di negara dengan pasar yang sudah maju maupun yang sedang berkembang
b.      Dalam laporan terakhir Badan Standar Akuntansi Keuangan ( FASB ) menjelaskan sebuah proyek FASB  mengenai pelaporan bisnis yang mendukung pandangan bahwa perusahaan akan mendapat manfaat pasar modal dengan meningkatkan pengungkapan sukarelanya.
c.       Manajer memiliki informasi mengenai kinerja perusahaan saat ini pada masa mendatang yang lebih baik bila dibandingkan dengan pihak eksternal.
d.      Bukti – bukti kuat menunjukkan bahwa manajer perusahaan sering memiliki dorongan kuat untuk menunda pengungkapan berita negatif, mengelola laporan keuangan untuk lebih menunjukan wajah positif perusahaan dan menilai lebih kinerja dan prospek keuangan  perusahaannya.
-          Wajib
a.       Perlindungan terhadap pemegang saham atau investor berbeda dari satu negara ke negara lain.
b.      Pada umumnya bursa efek dan badan regulator pemerintah mengharuskan perusahaan asing yang mencatatkan sahamnya untuk memberikan informasi keuangan dan non keuangan yang sama dengan yang diharuskan kepada perusahaan domestik.
c.       Investor yang memiliki informasi yang cukup untuk mengevaluasi kinerja dan prospek sebuah perusahaan. Tempat yang terbukti atas hal ini adalah AS yang standar pengungkapannnya secara umum dipandang paling ketat di dunia.
d.      Perlindungan pemegang saham di AS itu sangat ketat, sedangkan perlindungan pemegang saham di negara – negara .lain kurang mendapat perhatian.

4.      Mengapa perkiraan pendapatan dan laba relatif tidak sama?
Jawab :
Perkiraan pendapatan adalah rekening untuk mencatat pendapatan perusahaan.
Perkiraan laba adalah rekening untuk mencatat laba perusahaan.
Kedua hal tersebut realtif tidak sama karena pada perkiraan pendapatan rekening tersebut menggambarkan kondisi perolehan penuh perusahaan atas kegiatan yang dilakukan seperti penjualan yang nantinya rekening tersebut akan dikurangi dengan rekening biaya hingga menghasilkan rekening laba atau rugi. Sedangkan perkiraan laba menggambarkan kondisi keuntungan yang diperoleh perusahaan atau dengan kata lain perkiraan laba dihasilkan dari perkiraan pendapatan yang telah dikurangi rekening biaya.

5.      Apakah yang dimaksud dengan pengelolaan perusahaan? Perusahaan yang terdaftar dibeberapa negara diminta untuk mengungkap informasi tentang praktik pengelolaan perusahaan mereka. Mengapa investor dan analis berpendapat jika informasi tersebut sangat berguna?
Jawab :
Pengelolaan perusahaan adalah rangkaian proses, kebiasaan, kebijakan, aturan dan institusi yang memengaruhi pengarahan, pengelolaan, serta pengontrollan suatu perusahaan atau koorporasi. Pengelolaan perusahaan juga mencakup hubungan antara pemangku kepentingan yang etrlibat serta tujuan pengelolaan perusahaan. informasi dari laporan keuangan perusahaan menjadi sangat bermanfaat bagi investor dan manajemen untuk melakukan ramalan laba dan mengukur kinerja keuangan perusahaan. Ketatapan ramalan laba untuk masing – masing pasar modal dan masing – masing negara berbeda – beda dan itu dipengaruhi noelh faktor – faktor yang berbeda pula diantaranya interval waktu perusahaan, besaran perusahaan, umur perusahaan, penjamin emisi, auditor, leverage dan premium saham.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar